The Movement of Property

Keberhasilan sebuah pengembangan property tidak hanya ditentukan oleh satu factor, namun juga sangat tergantung dengan variable yang terikat satu sama  lain.

Dan variable yang sangat  penting adalah faktor MANUSIA ( Human Resources ) karena didalam  ini pula lah  seluruh aspek dikelola dan diolah secara comprehensive, sehingga laksana sebuah karya, maka  akan menghasilkan hasil yang sangat sempurna.

Tahun 2019 ini merupakan tahun yang istimewa bagi kami,  ketika kami beberapa saat yang lalu merupakan competitor di industry property Tanah air,  Saat ini kami menjadi satu team yang berkolaborasi satu sama lain, berharap dapat melahirkan sebuah ide dan melahirkan sebuah new movement bagi industry property di tanah air.

Banyak kisah kisah menarik ketika kami harus saling berpikir keras untuk merebut market share dari produk yang kami pasarkan masing masing.

Beberapa projek yang kami kembangkan saat itu sering kali saling berhadapan satu sama lain namun disisi lain kondisi ini malah membuat kami dapat bertumbuh dan adrenalin berkompetisi secara sehat tersebut membuat bertambahnya wawasan mengenai hal hal yang strategis dalam industry property di Indonesia.

Sebagai senior level dalam perusahaan masing masing , tak jarang , kami sering juga mengamati pergerakan dan kemajuan masing masing perusahaan tempat kami bekerja, dan secara professional pula kami senantiasa menghormati posisi masing masing dan menjaga integritas masing masing.

Proses pembelajaran dan gaya management tentunya memiliki uniqness bagi setiap perusahaan, dan kami meyakini bahwa keberhasilan dari suatu perusahaan adalah selain system yang baik , budaya perusahaan berperan penting dalam kemajuan perusahaan ; entah itu “budaya kerja” perusahaan  maupun “budaya kepemimpinan” juga merupakan hal ter penting.

Gaya management ditempat kami bekerja selama 26-27 tahun ini, memberikan sebuah arti penting dari perkembangan karier kami di Industry Property

Pertanyaan sederhana yang muncul adalah apakah GAYA MANAGEMENT KONSERVATIF akan menjamin sebuah sustainablilty atau GAYA MANAGEMENT PROGRESIF  yang menjamin sebuah SUSTAINABILITY ?

Seperti kita ketahui keberhasilan industry property ditanah air saat ini sangat dipengaruhi oleh 2 gaya management tersebut, dan kami merupakan 2 orang professional yang sangat beruntung untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan property terbesar di Indonesia yang telah menunjukan bagaimana perusahaan property harus di kelola.

Terlepas dari gaya management yang baik, kami berkeyakinan bahwa apapun gaya management yang harus diterapkan, hal terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu characteristic dari perusahaan kita, selain itu fungsi organisasi harus dipastikan dapat beradaptasi dengan character kepemimpinan perusahaan.

Faktor pengelolaan resiko dan atau mengidentifikasi resiko sebelum projek itu di inisiasi merupakan kesamaan dari dua gaya management tersebut.

Yang menarik dari kolaborasi ini adalah kami bersepakat ;  bagaimana implementasi dari kebijakan KONSERVATIF dan PROGRESIF yang harus dilakukan, dan semuanya bertujuan mengejar sebuah goal perusahaan yang efisien dan efektif.

Seperti kita sedang mengendarai mobil formula 1, ; “ kita harus tau kapan harus menginjak gas yang dalam namun kita juga harus mampu mengendalikan mobil tersebut agar dapat terus dikendalikan”

Itulah descripsi tentang kolaborasi dari SYNERGY  ini.

Perkembangan industry property yang semakin kompetitif memerlukan sebuah cara efektif sehingga siklus property harus bisa diantisipasi ketimbang kita harus pasrah terhadap siklus property yang selalu menjadi momok bagi kita semua.

Fundamental industry property yang paling baik adalah ketika kita mampu melakukan proses penjualan semasif mungkin, melakukan mobilisasi sebanyak mungkin namun masih mampu menghasilkan bottom line keuntungan secara optimal.

Namun sering kali kita melihat ketika kita mampu melakukan mobilisasi yang masif namun belum mampu menghasilkan keuntungan secara optimal ? dan sering kali mobilisasi tersebut juga belum mampu memberikan snow ball effect kepada perusahaan untuk jangka Panjang.

Dan pertanyaan yang mendasar adalah apakah semua lokasi dan semua projek memiliki kunci keberhasilan yang sama ? sehingga kita tinggal melakukan copy paste saja keberhasilan kita untuk semua projek yang kita kembangkan ?

Bagaimana dengan Brand Value ? apakah itu juga memberikan kepastian terhadap keberhasilan kita melakukan mobilisasi dan menciptakan snow ball effect untuk keberlanjutan projek yang akan datang?

Bagaimana jika lokasi kita tidak sepenuhnya baik, namun sudah terlanjur dimiliki ?

Bisnis property merupakan bisnis yang memerlukan sebuah kesinambungan yang efektif, termasuk kemampuan kita untuk selalu mengejar efisiensi yang tertinggi, disamping itu system operational yang baik akan menjamin kita menuju titik efisiensi tertinggi tersebut.

Disamping mengejar aktifitas yang PROGRESIF  kita juga memerlukan sebuah konsolidasi internal yang lebih KONSERVATIF untuk memastikan perusahaan kita dapat bersaing ditengah gelombang industry property yang semakin dewasa dan rasional.

Mudah mudahan dengan lahirnya PROLOGY, dapat memberikan kontribusi yang significant bagi kemajuan industry property di Tanah air,

SALAM  SUKSES UNTUK KITA SEMUA